Selasa, 24 Februari 2009

a Journey : Kuala Lumpur-Melaka-Singapore

Senin, 09 Februari 2009

01.00
Bangun! Berangkat menuju KL

02.00
Naek Cipaganti, langsung tidur deh

05.00
Sampai dibandara, ngak taunya kecepetan 1,5 jam. Blm bisa check in deh, sambil nunggu ngobrol ama orang-orang yang mo ke KL. Rata-rata TKW smua, hehe…tapi disini keliatan mana yang TKW, mana yang mau pergi jalan-jalan n mana yang mau pergi buat perjalanan dinas. Klo aku….backpacker dong!!!!

08.00
Detik-detik mau naik pesawat nih. Lagi nunggu di gate-4. fiuh lancar-lancar aja, ternyata dari check in ampe ke imigrasi. Thanks buat backpackers yang sudah kasih info. Di check in tadi rada-rada bego juga, pas ditanya barangnya mo masuk bagasi ato ngak? Trus dijawab aja “mau”, eh kena Rp. 30.000 deh. Padahal dibawa aja ngak apa-apa. Pelajaran no.1! (habis perasaan di tiket ditulis < 15 kg bebas biaya…gara2 kelas ekonomi kali ya)

Udah itu ke konter bebas fiscal, tinggal kasih fotokopi npwp n paspor, selesai deh. Masuk ke pemeriksaan fiscal n imigrasi trus langsung ke gate D4…lancar.

Nah sekarang tinggal tantangan no.2 nyampe KL trus gimana?!

9.00
Sedang mengudara…gya… tau ngak kesukaan aku klo lagi naik pesawat tuh pas take off. Seru banget kaya naik roller coaster, jadi pas pertama pesawatnya pelan-pelan aja trus tiba-tiba bertambah kecepatannya dan akhirnya terbang, Seru!
Pas naik sih rada-rada khawatir jg soalnya langitnya mendung mulu, eh taunya kita terbang diatas awan…cerah banget, jadi semangat deh. 2 jam lagi nyampe di KL

11.30
Nyampe di LCCT trus langsung beli tiket Aerobus, tanpa tanya-tanya dulu busnya ada disebelah mana, langsung aja nyelonong. Eh taunya ada TKW dari Indonesia yang ngajak ngobrol, aduh orangya baek banget, trus dianterin nyari konter buat beli sim card Malaysia, tapi ngak ketemu. Akhirnya dia kasih sim card punya dia sendiri. Kata orang itu hubungin aja adikku trus bilang klo aku dah nyampe, trus sesudah itu dianterin ke terminal Aerobus, sebelumnya dia pastiin dulu kalo bus itu yang akan berangkat ke KL Sentral, setelah ricek sana sini akhirnya kita salaman n berpisah, ngak tau deh kapan lagi bisa ketemu. Buat mas dari Lampung, makasih ya! Tuhan itu emang ajaib banget ya! Aku dikirimin 1 malaikat padahal sampe sekarang aku lupa siapa nama orang tadi.


12.30
Nyampe di KL sentral, puter-puter, tempatnya gede banget, sampe pusing. Mana banyak orang lagi. Trus ko adanya KTM ya? Putra jaya nya mana? Tapi pas liat-liat ternyata KTM tuh lewat bangi…..wah klo gitu bisa langsung dong. Tapi pertama harus nelefon Rizki dulu yang berarti harus beli sim card karena kartu yang dikasih orang tadi walaupun masih ada pulsanya tapi masa aktifnya sudah habis. SIAL!
Puter-puter ketemu konter yang ngejual Celcom, katanya biaya smsnya Cuma 15 sen, trus kartu tsb kerjasama dengan XL di Indonesia, so pasti nelefonnya lebih murah.
Sudah itu langsung beli tiket KTM ke bangi. Pertama sok2 an nyoba di mesin tiket, eh ternyata mesinnya ngak jalan, pindah ke mesin lain, uang kertasnya ngak mau masuk, duh frustasi deh. Akhirnya ngantri di loket sambil merhatiin jalur keretanya. Pas mo masuk kan harus masukin tiket, eh masukinnya kebalik jadi aja plangnya ngak mau kebuka. Percobaan ke 2 sukses dong, trus langsung deh ngantri kereta, kaya diJepang aja hehe
Oh iya keingetan, tadi pas beli kartu ditanya dari mana trus aku bilang Indonesia, eh dia bilang lu Indon ya….kurang ajar!

16.00
Nyampe di UKM, trus naik taxi bayar 5 ringgit, supirnya orang India,ngobrol-ngobrol trus dia bilang aku “Pretty” hehe. Nyampe sana ngobrol 5 menit ama Rizki langsung mandi deh, kamarnya…yah lumayan bersih, kamar mandinya apalagi yah baguslah, ngak sia-sia jalan jauh hehe. Tapi ngak ada colokan, gawat! Mana HP batere tinggal setengah, batere kamera mo habis, aduh sedih deh….

18.00
Keluar buat nyari makan, akhirnya makan di depan stasiun komuter. Makan nasi paprika n teh tarik, lumayan lah bisa dimakan, trus ternyata yang jaga kasir orang Indonesia, namanya Rohana asalnya dari Surabaya…seneng banget serasa ketemu teman senasib. Pas dirumah makan tiba-tiba dapat inspirasi, ternyata semua alat-alat listrik disini pakai colokan tiga, pantesan aja! Berarti nanti musti nyari sambungan kabel deh. Dengan semangat 45 langsung ke KTM beli tiket ke Kajang. Tapi di Kajang sepi-sepi aja ngak ada apa-apa, puter-puter sebentar trus balik lagi ke UKM. Di jalan ketemu toko alat-alat tulis trus terjadi keajaiban ada colokan 3, akhirnya bisa deh nge cash HP, kamera n handy cam. Tuhan tuh emang baik bener.












Selasa, 10 Februari 2009

7.00
Bangun pagi-pagi, duh biasanya juga bangun jam 5.00, sekarang bisa males-malesan dulu dong. Rencananya hari ini jalan ke Genting n nanti malam ke Malaka.

9.00
Naik komuter lagi ke KL Sentral, ntr disana nyari yang jual tiket ke genting. Hari ini karena bakalan foto-foto jadi langsung pake baju batik biar ngebanggain Indonesia dong! Dijalan juga banyak yang liatin, bangga deh jadi orang Indonesia.

11.00
Akhirnya ketemu juga konter yang jual tiket ke Genting, setelah puter-puter selama 1 jam. Ntr berangkat jam 12.00 dan pulangnya naik bus yang jam 18.30, sambil nunggu berangkat isi perut dulu, beli hamburger di Mac.D. pas lagi ngantri ada seorang bapak Chinese-30 tahunan yang ngajak ngobrol
“ itu baju kain Indonesia”
“ Iya, saya kan orang Indonesia”
“ Iya saya tahu, waktu itu juga saya beli disana”
Aduh seneng banget, bangga deh jadi orang Indonesia, Hidup batik!!
Oh iya ada lagi kejadian lucu, pas mo beli minum kan ceritanya sok2an ngambil yang besar, trus nanya berapa harganya, dia bilang 3 ringgit. Aku keluarin aja semua uang receh trus dikasihin, eh ternyata ada pajaknya 10%, jadi 3.30 ringgit. Ternyata uangku ngak ada sebanyak itu mana uang receh yang aku kasihkan tadi ada sen singapura jg, duh bikin malu aja. Akhirnya dituker deh sama minuman yang kecil hehe.

12.00
Sudah naik di bus, ternyata boleh dong naik bus yang lebih awal, hehe. Bakalan nyampe 1,5 jam lebih cepet nih. Disebelah aku ada orang Chinese- Malaysia, dia ngasih tau info-info tentang Genting, setelah tau bahwa ini pertama kalinya aku pergi kesana. Trus ternyata besok kereta gantungnya ditutup. Untung deh pergi ke Gentingnya hari ini.

13.00
Sampai di genting, pas naik kereta gantungya seru banget! Adrenalin banget, klo si mamak pasti bakalan ngak berani deh. Tapi asyik juga bisa naik kereta gantung terpanjang didunia, 25 menit yang ngak membosankan. Pas sudah dekat keliatan tuh Genting dan hotel2nya dipuncak gunung. Untuk yang satu ini Malaysia emang keren banget, bikin tempat wisata kaya bikin surga di atas awan aja.

17.00
Lagi di shuttle bus buat ke KL Sentral, abis maen-maen di Genting, tapi ngak semua mainan di naikin, yang main-main air ngak dinaikin, soalnya udaranya dingin banget. Tapi kayanya kalo ke Genting tuh enaknya rame-rame, biar ada yang foto, disini semuanya rame-rame, sama temen, keluarga, kayanya Cuma aku aja yang pergi sendiri, jadi dari tadi minta tolong orang aja buat foto-foto.

Oh ya di Malaysia tuh kita bisa binggung ngedengerin orang ngomong, misalnya pas ngantri permainan, di depan aku ngomong bahasa mandarin, sebelah bahasa India/ Pakistan, dipinggir pake bahasa Melayu dan aku…bahasa Indonesia.hehe…
Tadi sempat hujan juga jadi permainan yang outdoor berhenti smua, oh ya permainan yang adrenalin tinggi ngak naik juga, lagian tadi nyobain roller coaster yang kecil aja serem, gimana yang gede?! pengen selamat sampe Bandung nih. Hehe

Pas nunggu bus ke KL lama banget, akhirnya makan mee goreng (klo di Malaysia nulis mie goring jadi mee goring) enak juga ngak tau apa karena aku lapar ato emang beneran enak. Trus ngantri lagi, akhirnya busnya datang juga. Eh ternyata itu bus yang jam 17.30 padahal jam udah jam 18.00, berarti aku bakalan telat deh kalau nunggu bus yang jam 18.30. mo nyampe jam berapa nih?! Setelah membujuk2 akhirnya di perbolehkan naik oleh salah satu kondekturnya. Ternyata dibagian depan kursinya kosong dan dipersilahkan duduk oleh ibu dan bapaknya yang baik hati.

19.00
Sepanjang perjalanan hujan turun terus, akhirnya ketiduran deh. Ternyata kalau sore di KL macet juga, walaupun mungkin ngak separah di Jakarta. Tadi aku sempat nelefon arum trus bilang kalu ngak bisa ke Melaka hari ini, nyampe KL sentral masih terang jadi perjalanan dilanjutkan ke KL naik komuter. Sempat mampir ke Central Market n foto-foto. Kalau ngeliat peta, jalan puduraya dekat Central Market, tapi setelah keliling-keliling ngak ketemu juga. Pas lagi binggung-binggung liat peta ada bapak2 keturunan India yang menyapa
“ mo kemana?”
“Puduraya bus stasion”
“lurus saja”
Setelah dikasih tau arahnya, akhirnya diputuskan balik dulu ke UKM, besok lanjut lagi deh.

21.00
Nyampe juga di kamar, tadi sempat ditanya satpam, musti lapor nih kalau tamu dari luar, langsung tidur deh, cape banget, ngak sempat mandi dll deh, hehe















Rabu, 11 Februari 2009

6.00
Alarm bunyi, waduh tapi masih ngantuk, padahal kan kemaren rencananya hari ini mo ke putra jaya, berhubung masih ngantuk jadi tidur lagi deh.hehe

9.00
Bangun untuk ke 2 kalinya, klo sekarang langsung bangun, mandi n beres-beres sambil nyusun rencana. Hari ini musti ke Melaka gimana juga caranya, trus kepikiran buat nyimpen barang sebagian di tempat Satria, sisanya masukin ransel aja. Balikin kunci, sambil nenteng2 bawaan, buset berat jg. Eh ternyata ada taxi lewat, duh Tuhan emang baik banget. Ternyata Satria nelefon, trus dia mau nyimpenin barang aku dikantornya.hehe aman deh.

11.00
Janjian sama satria di stasiun LRT setiawangsa, ngobrol-ngobrol dulu dan janjian tanggal 15 nanti mau maen bareng..duh seneng banget, akhirnya ngak kaya orang autis. Ngomong sendiri mulu. Hehe, trus pas mo balik ke KLCC dibeliin tiket lagi, hehe…lucky!

Sampai KLCC sempat benggong2 jg. Soalnya mallnya gede banget, ternyata suria KLCC itu keren juga. Banyak turis dan orang-orang yang foto-foto. Kesempatan deh langsung ikutan juga. Sudah itu langsung lanjut kerencana selanjutnya : Stasiun bus Puduraya. Baca peta bolak-balik ngak ketemu juga, akhirnya tuh peta masuk tas dan mulai nanya2 keorang2, lebih manjur.
Ternyata mudah, dari depan suria KLCC naik bus rapid KL yang ke titiwangsa ternyata lewat perhentian Puduraya, walaupun ngak tertulis di jalur. Emang bener deh cewe itu ngak bisa baca peta…nyerah deh! Untung aja semua orang Malaysia yang aku temuin baik-baik, ngak kaya waktu di Bali. Hehe

14.00
Pas mo masuk terminal, ditanya seorang cowo, sempet serem juga, habis tampangnya kaya preman, trus sama dia langsung dianterin ke bus yang menuju Melaka, tuh kan ketemu orang baik lagi. Jadi inget ke supir taxi yang pertama kali nganterin ke UKM, tadi pas mo pulang ke KL Sentral sempat ketemu trus dia nanya “Ade masih ingat tidak?”
“ Iya, ingat yang ngantar ke UKM waktu itu”
Trus dia senyum n pergi nganterin penumpang yang lain…..mungkin ngak bakalan ketemu lagi ya…makasih yah pak supir yang baik hati!
Oh ya ada kejadian lucu juga, tadi dijalan sempat dicegat oleh biarawan budha trus dimintain sumbangan, akhirnya aku bilang kalau ngak punya uang kecil, tapi dia bilang ada kok kembaliannya. Mo dikasih receh ngak enak, akhirnya aku bilang 10 ringgit sambil ngasih uang 50 ringgit, eh sama dia dibalikin 30 ringgit, dasar curang! Selama perjalanan itu aku ngedumel2 aja, ya tapi sudahlah itung2 nyumbang dan anggap ngak makan siang aja. Hikhik


17.00
Akhirnya sampai di Melaka Sentral, katanya dari KL ke Melaka Cuma 2 jam, tapi ternyata perjalanan aku sampe 3 jam gitu, langsung deh ngehubungin Arum, tapi ngak nyambung-nyambung, jadi keliling2 dulu disekitar Melaka Sentral. Eh ternyata pulsa hp dah sekarat, jadi ngak bisa bales sms andri deh. Sori ya!

Ngak lama kemudian Arum ngehubungin aku dan aku bilang aja ditungguin di Melaka Sentral. Setengah jam kemudia Arum datang ditemenin 2 temennya, Putrid an Ditha. Puter-puter dulu buat nyari tempat interview buat Ditha besok, terus makan dirumah makan Indonesia yang ngasih porsi besar banget dan rasanya enak juga. Selesai makan pemiliknya nyamperin nanyain gimana pendapat kita tentang makanannya, ya kita bilang aja makanannya enak walaupun sambelnya ngak pedes..hehe

Pulang dari sana langsung cabut ke apartemen Arum di jalan Bukit Beruang, tempatnya bagus banget, ada kolam renangnya gitu, trus ternyata si Arum tuh baek banget, dia tuh sampe bela-belain nyewa mobil buat jemput aku, n bayarnya juga lumayan tuh, 60 ringgit seharian. Ngobrol2 bentar trus pacarnya Arum yang orang iran, Maqsud (klo ngak salah nulis) datang n ngajakin makan diluar, berhubung belum beres2 aku mandi dulu. Pas selese mandi, Arum n Maqsud lagi ngisap sheesa, trus aku ditawarin gitu, berhubung belum pernah, nyobain juga ngisep2 sheesa rasa anggur. Tapi menurut aku sih ngak ada enaknya, masih mendingan juga minum anggur, hehe

20.00
Makan ke Jeti, sebelumnya sempat jepret2 dulu di Eye of Malaysia. Tempat kita makan, Jeti, bagus banget tapi pelayan-pelayannya ngak professional jadi kebanting deh. Minuman yang dipesan Maqsud ketuker trust uh anak kan pesan steak, dikasih alat makannya sendok + garpu, hehe….trus ternyata ditempat itu pernah ada teman sekelas Maqsud yang bunuh diri terjun ke selat Melaka gara-gara IPnya turun jadi 3,8 dasar gila.

21.00
Ngobrol-ngobrol lagii sama teman-temannya arum yang lain, sadar-sadar kita smua dah begadang sampai jam 2 subuh, akhirnya balik ke kamar n tidur deh.














Kamis, 12 Februari 2009

Jam 8.00 pagi aku dah bangun, berhubung Arum masih tidur, jadi keluar kamar deh tidur-tiduran lagi sambil nonton TV kabel, eh taunya ketiduran lagi, sadar-sadar sudah jam 11.30. kembali masuk kamar trus gangguin Arum, ternyata anak itu ngak ada kuliah padahal kemaren katanya ada kuliah jam 1-3 hehe…trus balik lagi keruang tengah n nonton lagi.

Ngak lama arum keluar jamar trus ngasih tau klo kita mo pergi ke stadthuys jam 10.00 landung buru-buru mandi deh. Sejam kemudian Maqsud datang trus kita langsung ngacir ke stadthuys. Hari ini Maqsud nyetirnya masih kaya pembalap F1 hehe, sampai di stadyhuys langsung foto-foto n berkat keahlian Maqsud kita Cuma perlu bayar 6 ringgit untuk bertiga buat masuk ke museum, padahal harusnya 18 ringgit tuh…tapi tuh anak bilang kita semua mahasiswa, jadi tiketnya lebih murah, hehehe….puter-puter bentar dah itu kita makan ke Old Town. Aku mesen Tom Yam yang rasanya enak banget trus gratis lagi, thanks ya Maqsud.

Ternyata si Maqsud tuh dari tadi ngak enak badan, jadi aku sama Arum deh yang ngabisin makanannya. Duh mereka tuh buaik banget, padahal kan Maqsud lagi sakit, tapi tetep mau nganter2in aku, jam 15.30 langsung berangkat lagi soalnya Maqsud ada kelas jam 16.00. Ditengah jalan dia turun trus diganti sama orang yang nyewain mobil, dan ternyata ada satu lagi kebaikan Arum tuh. Jadi demi aku dia sampe nyewa mobil lagi 60 ringgit, padahal kata aku uang segitu tuh gede banget, bisa dipake buat 3 x perjalanan melaka-singapura. Sampe sekarang nyesel banget soalnya ngak bawa oleh2 buat mereka, sudah gitu aku sering jahat ama ibunya Arum, padahal anaknya baek banget sama aku. Maaf ya Arum n b.Sri, semoga Tuhan yang membalas kebaikan hati kalian.

Sampe di apartemen Arum, langsung tidur lagi deh, sadar2 sudah jam 19.00, trus langsung mandi n nonton The Nanny & Oprah, jam 20.00 pergi bareng arum ke rumah makan Arab, porsinya besar banget, bisa buat makan 4 orang. Ayam Tekka-nya sih rasanya lumayan, tapi minumannya yang aneh deh rasanya, terbuat dari campuran susu kambing, yoghurt, rempah-rempah dan bawang putih…hiiii bikin eneg aja. Tapi so far mah kemakan lah. Pulang-pulang dilanjutkan dengan ngobrol-ngobrol bareng arum sampe subuh lagi…habis itu tidur deh.











Jumat, 13 Februari 2009

Bangun jam 6.00 pagi gara-gara alarm bunyi, gara2 masih ngantuk malah ngangkat speaker arum bukannya hp-nya Arum buat matiin alarm, heheheh…..heran nih semenjak liburan malah jadi susah bangun pagi, rasanya perjuangan banget buat bangun tuh, gimana nih klo dah balik ke Indonesia yah.

Jam 7.00 teng dah keluar dari apartemen Arum, ternyata taksinya Mr. Ibrahim sudah nunggu, selesai cipika-cipiki sama Arum langsung berangkat lagi. Ditengah jalan Mr. Ibrahim ditelefon, kayanya sama Maqsud bukan ya? Nanya udah jemput aku atau belum….klo bener aku ketemu orang-orang yang baek..baek banget, terima kasih banget ama Arum dan Maqsud, Mr. Ibrahim juga baik banget. Pas ditengah jalan sempat taksinya mogok trus setelah 5 menit akhirnya nyala lagi, trus dia langsung menenangkan aku, mungkin keliatan panic ya..heheheh

Sampai Melaka sentral jam 7.20 ternyata ada bus yang berangkat jam 7.30, lucky! Setelah beresin urusan tiket, dsb langsung naik bis menuju Singapura. Yang seru tuh pas urusan Imigrasi, pas mo keluar dari Malaysia kita musti buru-buru selesain urusan imigrasi sambil lari-lari soalnya kan takut ditinggal bus. Belum ada 10 menit di bus udah mesti turun lagi soalnya mau masuk Singapura n musti urus imigrasi lagi, sama sekarang juga lari-lari lagi n sempet binggung juga soalnya bus yang parkir ada lumayan banyak, untung aku inget nomor busnya.

Jam 13.00 nyampe di Golden Mile Singapore, panas banget! Langsung jalan deh….sempet binggung n puter-puter. Rencananya mo nyari peta Singapura, tapi ngak ketemu-ketemu. Pas lagi binggung ketemu sama stasiun MRT (doubi gout) langsung aja masuk untuk beli tiket.

Pas masuk binggung juga soalnya mesin tiketnya beda sama yang di Malaysia, akhirnya ke konter n mo beli EZ Link, biar kaya orang-orang Singapore yang laen, heheh….tadinya dah mo bayar 15 dolar, trus pas yang jaga konter tau klo aku Cuma 2 hari di Singapura, dia saranin beli tiket di mesin aja n dibantuin nukerin uang jadi receh. Akhirnya setelah dicoba tiketnya keluar, tapi ko beda sama orang lain yah?! Trus pas mo masuk pagar pembatas beda sama yang di Malaysia, mo nanya…..gengsi, akhirnya nanya juga ama orang trus dikasih tau tinggal sentuhin kartunya diatas mesin. Eh bener portalny kebuka, heheehhehe…dasar turis, yang tadinya udah cape langsung semangat lagi deh.

Perjalanan pertama menuju Raffles, tempatnya keren buanget, pas aku nyampe kebetulan pas jam makan siang, jadi buanyak orang-orang berpakaian rapih lalu lalang, banyak juga turis-turis yang keren, esmud-esmud bule yang ganteng2, ngacai deh!

Langsung deh jepret2 sana-sini, pokoknya tiap ada bangunan bagus ato patung-patung yang menarik langsung difoto. Ngak lupa juga minta tolong ama orang lain buat difotoin, rata-rata pada mau…emang dunia baik banget aku. Thanks God.

Pas keliling2 akhirnya nyampe juga di Merlion Park, tapi berhubung baju udah basah kuyup gara-gara keringat, langsung masuk ke Esplanade dulu buat ganti, disana langsung bersih-bersih n berhubung haus banget, akhirnya untuk pertama kalinya minum air dari keran. Tapi kata orang-orang air dikeran Singapore aman untuk dikonsumsi langsung.

Pas keluar dari Esplanade langsung semangat lagi buat foto-foto dengan pertolongan turis dari Korea dan Jepang, berhasil deh dapat foto di Esplanade dan Merlion. Pulang dari situ langsung naik MRT menuju Orchard Road, katanya disana ada Istana tapi pas keliling2 ngak ketemu juga. Akhirnya liat2 mall aja, rame banget. Banyak cewe-cewe cantik n modis hilir mudik udah kaya Fashion show di Milan ato Paris deh. Gara2 manggul ransel yang makin lama makin berat, diputuskan istirahat dulu di Orchad sambil liat2 mall n orang-orang yang hilir mudik.

Jam 19.00 nelefon luna, pake telefon umum, telefon koin di Singapura masih bisa dipake, kalau di Indonesi sudah pada dirusakin orang2 ngak bertanggung jawab tuh. Ternyata Luna baru sampe rumah jam 20.00 malem, jadi aku putusin buat keliling Serangoon dulu dan makan malam dulu di Mc.D.

Pas jam 20.30 malem mulai muterin Serangoon, sempet pusing juga buat nyari Serangoon Avenue 1, soalnya aku makan malamnya di Serangoon avenue 3, notabene di situ apartemennya buanyak banget, ada ratusan kali ya…..buset! Tapi akhirnya berhasil juga nyampe tempat Luna n dipuji soalnya rata2 temen2nya luna nyasar smua,hehehhehe..emang aku dijagain banget ama Tuhan yah, dan pasti itu semua berkat doa orang-orang juga tuh.

Ngobrol-ngobrol bentar ama Luna, trus langsung mandi, sama Luna dikasih pinjem internetnya, udah itu kirim email ke Andri deh, jam 11.30 malem langsung tidur deh.




















Sabtu, 14 Februari 2009

Hari sabtu, pas Valentine days. Bangun jam 10.00 hehe…klo dirumah si mamak bakalan marah2 nih, selesai beres-beres langsung berangkat sama luna ke Bugis Market, buat beli oleh-oleh. Eh ngak ding, sebelumnya kita makan dulu direstoran India, roti, reh dan nasi apa gitu pake ayam. Makanannya enak banget trus yang bikin tambah enaknya lagi karena ditraktir dong, hehehehheh…..selama perjalanan Luna ngeceritain “keajaiban Singapura” misalnya :
- di kereta ngak boleh bawa durian?!
- Polisi jarang banget berkeliaran tapi dimana-mana banyak kamera.
- Ada tempat khusus buat ibu hamil, orang tua n orang cacat. Klo ada orang yang pake kursi roda naik bus, supirnya musti turun n buka pintu khusus buat kursi roda orang tersebut.
- Di Singapore bayak orang yang suka bunuh diri di MRT jadi klo ada peristiwa kaya itu lintasannya langsung ditutup trus disediain bus penganti gratisan. Jadi ngak ngeganggu jadwal n kegiatan orang lain
- Di tempat2 di pinggir jalan ada colokan yang bisa digunakan untuk cash hp
- Ada bus tingkat 2….seru!!!!
- Bukan pemandangan yang aneh lagi klo ada yang olah raga malem2 sampe jam 12 malam gitu
- Trus orang-orang Singapore suka banget ama Kiasu yaitu ngantri klo ada barang gratisan, klo kereta dateng langsung pengennya naek kereta itu, padahal 5 menit lagi juga datang kereta yang lain, klo ada promo atau even-even tertentu pasti ikut, intinya selalu pengen jadi yang nomor 1, tergesa2 gitu deh.

Yang pasti seru abis, nemuin 1001 keajaiban di Singapura, pas nyampe Bugis Market langsung beli oleh-oleh deh, padahal rencananya Cuma mau beli di Malaysia, tapi berhubung nemuin barang-barang yang lucu n unik trus lumayan kejangkau jadi kalap deh. Pulang dari Bugis Market lanjut ke Tanjong Pagar buat beli tiket kereta, ternyata ngak susah juga nyarinya, mungkin karena sudah survey dulu di internet.

Nyampe stasiu kereta, foto-foto dulu soalnya bangunannya keren abis. Langit2nya kaya capel gereja. Pas beli tiket sempet nyesel juga kenapa ngak beli tiket pas di Malaysia, waktu itu kan ditawarin 42 ringgit, tapi aku mikirnya itu kemahalan. Eh taunya pas nyampe Singapura harganya jadi 42 dolar, hikhikhik akhirnya ngak jadi beli tiket yang ada tempat duduknya, musti berhemat dikit lah.

Next destination adalah vivo city, naik bus 2 tingkat, seru juga banyak pemandangan yang bagus2 malahan ada pasangan muda-mudi yang dengan cueknya cium-ciuman di depan kita, sialan! I hate Valentine.

Nyampe Vivo City, puter-puter deh, masuk ke toko buku, puter-puter lagi di National Geographic n makan di Pujasera. Ngak lupa mampir ditoko yang kaya Values, beli barang apa aja harganya 2 dolar. Trus dikasih lampion 2 ama luna deh.

Pulang dari Vivo City kita ke Red Hill, ikutan persekutuan pemuda-pemudi disana, seru juga. Rata-rata sih orang2nya bekerja n mahasiswa. Semuanya baek-baek jadi ngak canggung trus baru sebentar aja sudah berbaur gitu, dah kaya kenal lama aja. Jadi inget persekutuan-persekutuan jaman dulu deh.

Pulang dari sana buru-buru ke Doubi Gout, soalnya kita dah booking tempat buat makan malam, tapi berhubung ngantrinya lama n aku musti berangkat jam 22.00 jadi pisah duluan deh. Makasih ya Luna n teman2nya yang luar biasa, wah aku pasti bakalan kangen banget ama kalian.

Pas naik MRT tenang2 aja, ternyata pas keluar aku salah belok, akhirnya jadi lari-lari deh. Udah deh semua rambu-rambu lalu lintas diterobos aja, pas liat jam sudah hampir jam 21.30, langsung nyerah deh. Nyetop taxi n minta dianterin ke stasiun. Sempat ngobrol-ngobrol juga sama supirnya, pas dia tau bahwa aku orang Indonesia, mulai deh tuh orang banding2in Singapura dengan Indonesia, tapi pas ditanya, ternyata istrinya orang Madura, berarti anaknya setengah Indo dong…dasar!

Jam 21.30 nyampe di stasiun, hilang deh 8 dolar,hikhik langsung ngantri n urus2 imigrasi. Nyari2 kursi di kereta n ambil posisi buat tidur.

Beberapa jam kemudian, kita semua disuruh turun buat urusan imigrasi keluar Singapura ato masuk Malaysia yah?! Pokoknya sambil ngantuk2 maju jalan deh. Sempet nunggu lama juga soalnya ada 2 orang yang musti bolak-balik lagi ke kereta, ngak tau tuh ketinggalan apaan. Ngak lama kemudian pintu dibuka n ambil posisi lagi buat tidur, tapi susah banget soalnya udaranya dingin banget, mana lupa bawa baju anget, akhirnya pake baju dobel2 deh….




















Minggu, 15 Februari 2009

Nyampe di KL Sentral jam 7.00 pagi, langsung ke toilet buat bersih-bersih. Berhubung baju yang dipake dah kotor semua n yang ketinggalan tinggal tank top doing akhirnya dilakukan mitch n match, ternyata keren juga walo ngak mandi beneran.hehehhehe

Rencananya mo nyari hotel di petailing street, jadi cuek aja naik KTM komuter ke Petailing, pas nyampe ceritanya mo langsung nyari alamat petailing street no.83. tapi pas turun langsung binggung soalnya nama jalannya beda. Ternyata pas baca di buku petunjuk, petailing tuh adanya deket Bukit Bintang n Puduraya, salah alamat deh. Akhirnya balik lagi ke stasiun n mo beli tiket, tapi berhubung uangnya gede (50 ringgit) sedangkan harga tiketnya 1 ringgit, petugas komuternya nolak. Sambil marah-marah aku nyari mini market ato toko yang buka, tapi ngak ada soalnya petailing tuh daerah kecil.

Akhirnya nekat aja masuk rumah makan India di pinggir jalan pesan roti canay n teh tarik, totalnya 1.60 ringgit, trus pas dikasih kembalian serasa dapat hadiah natal deh.dengan semangat 45 langsung berangkat ke KLCC, nyampe sana langsung sms-in satria, ngabarin klo aku dah nyampe, ternyata tuh anak blm siap-siapjadi berhubung masih ada waktu aku puter-puter di KLCC aja. Pas jalan2 ngeliat tempat buat ngecash hp, langsung deh nyambungin kabel buat cash HP ama MP4, tapi taunya langsung disamperin ama satpam, ternyata ngecash disitu dilarang n dia tuh tau dari kamera yang terpasang, padahal tempat aku tuh lumayan dipojok, akhirnya kabur deh dari tempat itu, dasar Malaysia, disingapura aja boleh.

Berhubung waktu sudah menunjuk jam 10.00 jadi sudah banyak mall yang buka, masuk ke Vincci n beli jam tangan, lumayan deh dapat diskon 10% buat yang pegang kartu tourist previllage.

Hari itu sialnya ngak berhenti2, kena tegur lagi sama satpam soalnya ngak boleh duduk bersila di dekat lift, sial! Ngak lama satria nelefon, nanyain barangnya aku mo digimanain, aku bilang aja dibawa ntr mo dititipin di loker, ternyata di KLCC ngak ada loker yang bisa disewain, jadi kita sepakat ketemuannya di KL sentral aja

Pas aku nyampe ngak lama kemudian Satria juga sampe, sempet binggung2 juga gimana cara make lokernya untung saja ada bibi tukang bersih2 yang baik hati bantuin kita, selesai urusan loker mulai deh jalan dulu cari makanan.

Pilihan makanan jatuh ke MC. D (selama di negeri orang dah berapa kali makan Mc.D nih) di jalan Bukit Bintang, ngobrol2 dah itu mulai hunting lagi cari oleh2. sempet misunderstanding juga sama tukang jualan gantungan kunci n diusir pergi, heheheh…..tapi akhirnya berhasil juga dapet dengan harga 7 ringgit dapat 6 buah. Udah itu keliling2 lagi,masuk mall keluar mall, si Satria ngajakin nonton buat ngisi waktu, akhirnya selesai beli tiket kita nongkrong dulu di Cafe sambil ngopi2 n buka internet.

Jam 7.00 masuk ke bioskop, ceritanya lumayan lucu juga tapi ditengah2 cerita kebelet pipis, akhirnya ngacir nyari toilet yang susah amat dicarinya, akhirnya balik lagi n ketemu satria, eh filmnya dah abis toilet ngak ketemu, untung dibantuin ama satria, ganti baju. Trus untuk pertama kalinya nyobaiin naek monorail ke KL Sentral. Akhirnya udah kenaikin smua tuh kendaraan di Malaysia, mulai dari Taxi, bus rapid, Bus antar Kota, KTM Komuter, LRT dan monorail.

Jam 10.00 malem ambil barang di Loker n beli tiket Aerobus ke LCCT, say sayonara sama Satria….aduh bakalan kangen banget ama Singapura n Malaysia nih.








































Senin, 16 Februari 2009

Jam 12.00 malem nyampe di LCCT, nyari toilet dulu buat nyuci muka n ngelap badan maklum ngak mandi hampir 2 hari nih. Beli coklat buat oleh2, uang tinggal 10 ringgit lagi…duh pagi cepetan dateng dong.

Puter2 dulu di LCCT, duduk2 dulu di Mc.D sambil dengerin musik n nulis jurnal, akhirnya nyerah juga, nyari kursi buat tidur…tapi ngak bisa tidur juga, akhirnya benggong2 aja liatin orang2. biarpun tengah malem di bandara, tapi suasananya rame, soalnya rata2 kaya aku juga, takut ketinggalan pesawat, jadi bermalam dibandara. Tapi seru juga.

Akhirnya jam 8.00 pun dateng, dah ngak sabar pengen cepet2 nyampe Bandung tapi juga dah kangen lagi sama Malay n Singapura, check in, ternyata barang-barang musti masuk bagasi, soalnya bawaan aku lebih dari 10 kg..hehehhe lain kali klo mo pergi jangan bawa barang banyak2 klo gitu.

Jam 11.00 pesawat berangkat, cuacanya ngak bagus, jadi dipesawat banyak goncangannya. Disebelahku ada Mr. Edi, yang friendly banget, trus kita ngobrol2 gitu, sampe akhirnya dia nawarin aku buat nemenin dia puter2 di Jakarta, tapi aku tolak, soalnya dah pengen nyampe rumah sih….heheh

Jam 12.00 siang dah nyampe bandara, ambil bagasi, sempet binggung juga nyari Cipaganti rental, tapi ditunjukin ama seorang supir taxi tempatnya, akhirnya semakin dekat menuju rumah nih…..

15.00 nyampe rumah…duh senangnya, misi berhasil!

Tidak ada komentar: